Ujian Terbuka Doktoral dr.Titiek Hidayati, M.Kes

Ujian Terbuka KagamaBertempat di Ruang Senat KPTU Lantai 2, Program Doktor Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (26/5), menggelar ujian terbuka disertasi dr. Titiek Hidayati, M.Kes. Dalam ujian tersebut, kandidat membawakan disertasi berjudul “Polimorfisme Gen Insulin-Like Growth Factor-1 (IGF-1), Jumlah Limfosit T Regulator (Treg) dan Rokok Pada Penderita Penyakit Ginjal Kronik Terminal” di hadapan para penguji. Promotor dalam ujian ini adalah Prof. Dr. Marsetyawan HNES, MSc., Ph.D sedangkan Ko-promotor masing-masing dr. Ahmad Hamim Sadewo, Ph.D dan dr. Jarir Atthobari, Ph.D.

Ketua tim penguji Prof. dr. Sofia Mubarika, M.Med. Sc, Ph.D memperkenalkan para penguji yang beranggotakan 2 (dua) orang , seorang promotor dan 2 (dua) orang ko-promotor serta 3 (orang) penilai. Anggota Tim Penguji antara lain dr. Indwiani Astuti, Dr. Med. selaku penguji internal dan Prof. dr. Wiguno Prodjosudjadi, Ph.D, Sp. PD(K)-KGH selaku penguji eksternal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Sementara itu, tim penilai terdiri dari Prof. Dr. dr. Mochammad Sja’bani, M.Med.Sc, SpPD-KGH dan Prof. dr. Hari Kusnanto Josef, S.U., Dr.PH. Setelah Ketua Tim Penguji membuka dan mengenalkan anggota penguji, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung selama 60 menit.

Dalam persentasi disertasinya, wanita yang pernah menjadi mahasiswa S1 dan Profesi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 1993 ini menjelaskan bahwa perlu adanya upaya pencegahan terhadap faktor resiko penyakit tidak menular yaitu Penyakit Ginjal Kronik Terminal (PGKT) yang dapat menyebabkan penurunan indeks pembangunan manusia dan laju pembangunan di Indonesia. Pengaruh faktor eksternal dan perilaku yaitu merokok lebih kuat terhadap PGKT jika dibanding dengan pengaruh dari dalam. Perbaikan gaya hidup yang merupakan faktor resiko yang dapat dirubah, merupakan salah satu upaya pencegahan yang sangat tepat. Upaya menurunkan jumlah perokok akan memberikan andil yang cukup bermakna terhadap penurunan angka kesakitan dan kematian penyakit antara lain penyakit tidak menular di Indonesia seperti PGKT.

Alumnus Program Pasca Sarjana FETP IKM Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada yang lulus pada tahun 2007 ini memperoleh predikat sangat memuaskan (cumlaude) yang disampaikan oleh Prof. dr. Sofia Mubarika, M.Med. Sc, Ph.D selaku Ketua Tim Penguji. Kemudian Prof. dr. Marsetyawan HNES, MSc., Ph.D., selaku promotor memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada Doktor ke 2244 di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Tim pembimbing mengapresiasi capaian dr. Titiek Hidayati, M. Kes dalam usaha menyelesaikan penelitian transaksional yang mencakup aspek ilmu dasar sampai aspek klinis dan lingkungan sehingga berhak mendapat gelar akademik tertinggi. Selamat kepada Dr. dr. Titiek Hidayati, M. Kes. (Jatu/Reporter)