ASM 2011

Assalamualaikum w.w.
Bapak/Ibu/Saudara sekalian yang saya hormati.

Selamat datang di Annual Scientific Meeting (ASM) ke IV, Fakultas Kedokteran UGM yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memperingati hari jadi FK UGM tercinta. Annual Scientific Meeting IV yang merupakan rangkaian dari kegiatan Lustrum ke XIII FK UGM kali ini mengambil tema “Safety and Quality in Health”, yang mengangkat berbagai isyu keselamatan pasien dan mutu pelayanan di institusi penyelenggara pelayanan kesehatan.

Masih lekat dalam ingatan kita ketika pada tahun 1999 atau 12 tahun yang lalu the Institute of Medicine (IOM) melaporkan bahwa setiap tahun hampir 100.000 orang meninggal dunia di berbagai rumah sakit di Amerika Serikat akibat medical error. Laporan yang sempat menghenyakkan dunia itu secara sistematik diresponse oleh berbagai kalangan medik di sebagian besar belahan dunia dengan mengembangkan strategi-strategi pencegahan dan mitigasi. Namun, pelayanan kesehatan ternyata tidak pernah sempurna, korban-korban pun tetap saja berjatuhan akibat kelalaian medik, kecerobohan, tidak adekuatnya sistem, dan masih lemahnya sumber daya manusia yang ada. Bahkan dalam 5 tahun terakhir laporan mengenai malpraktek justru makin marak dimuat di berbagai media, baik cetak maupun elektronik.

Dengan mengangkat tema “Safety and Quality in Health”, Panitia ASM ingin mengajak segenap sivitas akademika FK UGM, para alumni, dan penyelenggara pelayanan kesehatan di seluruh nusantara untuk tidak saja memahami, tetapi introspeksi dan sekaligus secara bersama-sama mengembangkan upaya-upaya pencegahan dan mengantisipasi setiap kemungkinan terjadinya medical error di unit-unit pelayanan kesehatan yang ada.

Annual Scientific Meeting ke IV FK UGM kali ini diselenggarakan dalam 2 (dua) hari. Hari pertama (tgl 3 Maret 2011) diisi dengan satu seminar utama dan 10 seminar satelit yang dilaksanakan secara paralel dengan mengangkat berbagai permasalahan safety dan quality dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Sedangkan hari ke dua (tanggal 4 dan 5 Maret) diisi dengan 14 workshop, symposium, dan seminar yang diselenggarakan oleh beberapa Kelompok Kerja di lingkungan FK UGM. Tujuan dari Annual Scientific Meeting ke IV selain berbagai ilmu dan pengalaman, juga menjadi ajang temu kangen para alumni FK UGM di seluruh Indonesia.

Selamat berseminar, semoga memberi banyak manfaat bagi kita semua.

Wa’alaikumsalam w.w

Ketua ASM IV
Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, MMedSc, PhD