ASM 2012

Assalamualaikum w.w.
Bapak/Ibu/Saudara sekalian yang saya hormati,

Selamat datang di Annual Scientific Meeting(ASM) ke-V tahun 2012, memperingati Dies Natalis Fakultas Kedokteran UGM ke-66 dan RSUP Dr. Sardjito yang ke-30. Dalam seminar ASM yang ke-V ini kita mengangkat persoalan adaptasi terhadap perubahan iklim sebagai masalah yang urgen dan membutuhkan langkah nyata pada saat ini. Diperkirakan 80% bencana alam di Indonesia bersifat hidrometereologis atau berhubungan erat dengan iklim. Emisi gas rumah kaca akibat industrialisasi, transportasi berbahan minyak, kebakaran hutan dan lain-lain telah nyata-nyata menimbulkan pemanasan global dan perubahan iklim. Perubahan ini akan terus berlanjut walaupun dilakukan pengurangan emisi gas rumah kaca pada saat ini.
Perubahan iklim telah menimbulkan gangguan kesehatan secara langsung akibat suhu ekstrim(panas maupun dingin), badai atau topan yang dapat menimbulkan cedera fisik dan gangguan mental akibat kehilangan harta benda, banjir, tanah longsor akibat peningkatan curah hujan dan kekeringan yang mengancam ketahanan pangan dan sanitasi serta hygiene perorangan. Secara tidak langsung, perubahan iklim memperluas tempat perindukan yang nyaman bagi vector penyakit menular, seperti malaria dan demam berdarah. Tentu ada masyarakat di wilayah tertentu yang menikmati keuntungan akibat perubahan iklim, misalnya cuaca yang lebih hangat di musim dingin dan peningkatan curah hujan di daerah padang gurun. Indonesia sebagai Negara kepulauan di wilayah tropis selakyaknya menggalang kemampuan untuk bersiap menghadapi permasalahan yang berlangsung di laut,pantai, pegunungan, hutan, sungai dan wilayah-wilayah rentan yang lain.
Bidang kesehatan berpotensi memberikan sumbangan yang bermakna dalam adaptasi terhadap perubahan iklim, terkait dengan pencegahan penyakit dan cedera, restorasi lingkungan dan hunian yang memberikan perlindungan optimal bagi kesehatan, perubahan perilaku dan gaya hidup yang sehat dan kesiapan kedaruratan di tingkat masyarakat, puskesmas dan rumah sakit dalam koordinasi pemerintah local maupun nasional.
Acara ASM ke-V ini meliputi seminar utama dengan tema mengutamakan adapatasi perubahan iklim dalam kebijakan nasioanl dan global, diikuti dengan seminar-seminar pararel yang mengangkat pelbagai pembelajaran (lesson learned) terkait dengan dampak kesehatan perubahan iklim serta bencana alam, semua diselenggarakan oleh kelompok-kelompok kerja di lingkungan Fakultas Kedokteran UGM sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari acara ASM V tahun 2012. Sebagai ajang temu kangen para alumni FK UGM yang telah mengabdi di pelosok Indonesia, kami mengharapkan ASM V akan bermanfaat bagi bangsa dan Negara serta membawa kebahagian.


Galeri Foto