Gagasan membentuk organisasi persatuan para alumnus Univ. Gadjah Mada timbul tahun 1956. Pada pidato peringatan Dies Natalis ke-7 UGM tahun 1956, Rektor UGM Prof. Dr. Sardjito sangat mengharapkan adanya feedback dari semua alumni guna perbaikan kurikuler. Untuk itu pertemuan-pertemuan dengan putera-puteri keluaran UGM sangat diperlukan. Dengan terpeliharanya hubungan baik , maka persatuan dan kesatuan alumni tetap terjaga dan dapat memberi masukan dalam mengisi kancah Pembangunan Nasional.

Pada acara Munas Kagama XI , bulan Juli 2009 telah terpilih Bapak Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Ketua Umum. Kemudian pada peringatan Dies Natalis ke-60 pada bln. Desember 2009, beliau sangat menekankan perlunya rasa cinta pada almamater UGM sebagai tempat lahirnya putera-puteri terbaik bangsa Indonesia yang telah tersebar di seluruh Nusantara bahkan sampai ke luar negeri.

Pengurus Kagama Kedokteran periode tahun 2009 sd 2014 telah pula berbenah dan menyusun program kerja, yang tentunya perlu dukungan dari semua alumnus FK UGM mulai dari Program S1, S2 dan S3 , Pendidikan Dokter Spesialis termasuk Ilmu Keperawatan dan Gizi Kesehatan.